K.O

okey layau

Rabu, 02 Maret 2011

Membuat Program Sederhana Dengan Java Script HTML Contoh Program Javascript Var Nama


Hal.2
Pendahuluan
1.1 Pengantar
Javascript diperkenalkan pertama kali olehNetscap e pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan“LiveScr ipt ” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antaraNetscap e danSun (pengembang bahasa pemrograman“Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama“ Ja v aScr ip t” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaanMi c ro soft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai Js crip t” di browser Internet Explorer 3.
Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.
Javascript bergantung kepada browser(navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip skrip dari Javascript dan tentu saja terselip di dalam dokumen HTML. Javascript juga tidak memerlukan kompilator atau penterjemah khusus untuk menjalankannya (pada kenyataannya kompilator Javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “Java” (dengan mana JavaScript selalu di banding bandingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkannya di sisi user/klien.
1.2 Keperluan Java Script
Untuk mempelajari pemrograman Java Script, ada dua piranti yang diperlukan, yaitu :
Teks Editor
Digunakan untuk menuliskan kode-kode Java Script, teks editor yang dapat
digunakan antara lain notepad dan ultra edit.
Web Browser
Digunakan untuk menampilkan halaman web yang mengandung kode-kode Java Script. Web browser yang digunakan harus mendukung Java Srcipt. Browser yang dapat digunakan adalah internet explorer dan Netscape Navigator.
1.3 Penulisan Java Script
Kode Java Script dituliskan pada file HTML.Terdapat dua cara untuk menuliskan
kode-kode Java Script agar dapat ditampilkan pada halaman HTML, yaitu

0 komentar:

Posting Komentar