K.O

okey layau

Rabu, 13 April 2011

Belajar Membuat Script Python Sederhana

Di mulai dari postingan ini saya akan mencoba berpetualang bersama pys60, mari kita belajar bersama utk mengenal bahasa pemograman python di ponsel symbian kalian dan saya harap ini tdk menghabiskan banyak waktu terbuang utk saya dan kalian, kita perbanyak beribadah saja yaa.
Mari kita baca dulu;
Sebuah Pengantar Singkat
Untuk Python Bahasa pemrograman Python dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1990-an. Ini adalah tingkat tinggi bahasa scripting yang memberi manfaat dari sintak-sintak sederhana dan mudah dibaca manusia, perpustakaan inti komprehensif, dan kemampuan untuk diperpanjang menggunakan kode asli.

Python merupakan bahasa multi-paradigma,mendukung gaya pemrograman berorientasi objek dan fungsional, antara lain, memberikan kebebasan untuk mendekati masalah dalam berbagai cara.
Python pada Symbian (juga
dikenal sebagai "Python untuk S60? atau "PyS60?) adalah port Nokia dari bahasa Python untuk platform Symbian, dan merupakan pokok bahasan postingan ini. Python pada Symbian pertama kali dirilis oleh Nokia pada akhir tahun 2004, dan disumbangkan untuk Symbian Foundation pada awal 2010.
Dalam bab-bab berikut, kita menggambarkan versi terbaru dari Python pada Symbian, v2.0.0 utk s60v3 dan v1.4.5 utk s60v2.
Mengapa Saya Harus Menggunakan Python Pada Symbian Alasan utama untuk menggunakan Python pada Symbian adalah bahwa hal itu mudah dipelajari, dan Anda dapat melakukan banyak hal dengan kode yg sangat sedikit.
Kebanyakan orang dapat membaca kode Python dengan hanya beberapa jam belajar, dan bisa mulai mengembangkan aplikasi ponsel tidak lama setelah itu!
Wah mantap bkn Aplikasi yang dibuat dengan Python yang bisa dibedakan dari C + + aplikasi asli dan, untuk sebagian besar tujuan menawarkan banyak kinerja yang sama.
Sebagian besar fungsi penting yang tersedia untuk aplikasi asli (misalnya,akses ke kamera,posisi perangkat,sensor,dll) yang terkena aplikasi Python melalui API sederhana.
Jika Anda seorang pengembang mahir dalam bahasa pemrograman lain (seperti Symbian C + +,Java ME atau yang lain) Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Python untuk pengembangan aplikasi cepat.
kode Jadi sedikit diperlukan bila dibandingkan dengan bahasa lain, bahwa aplikasi bisa berfungsi penuh prototyped, ditunjukkan dan diuji sangat cepat!

Ya sudah, setelah baca
pengantar mari kita bersiap utk belajar bersama. Persiapan Download aplikasi utama dulu, saya sudah menyediakan python utk s60v2, utk s60v3 or 5 cari sendiri.

Aplikasi Python ("script"wink adalah hanya file teks yang berisi kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan dinamai dengan ekstensi file "py".

Script dapat ditulis menggunakan editor teks dan dapat dijalankan baik dari dalam Shell Interaktif aplikasi Python pada perangkat atau perangkat emulator utk komputer,atau juga dpt di tulis melalui aplikasi mandiri yang dapat diinstal ke perangkat Symbian, seperti Dnotepads60v2,Pyedets60v2, kalau saya menggunakan X-plore, ingat ya kalau kalian menggunakan X-plore tanda centang merah di "save as unicode" harus dihilangkan.

Pengujian Sampel Script Python Script Shell Interaktif membuatnya sangat mudah untuk menguji script Anda selama pengembangan.

Shell hanyalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengetik dan menjalankan perintah sewenang-wenang Python, atau untuk memuat dan menjalankan file script
keseluruhan. Mari kita membuat aplikasi Python sederhana.

Tulis baris berikut di editor teks Anda:
print"Halo! Python Pada Symbian" jika Anda menggunakan X-plore,tekan menu>>file>>new text file>> beri nama file dgn "ScriptPertamaku.py" dan ok, lalu tekan menu dan klik ' save as unicode' utk menghilangkan tanda centang merah, lalu buat script: print"Halo! Python Pada Symbian" ok. Pengujian Pada Perangkat Symbian Nah ini saatnya Anda menguji script Anda.
Pindahkan file atau 'ScriptPertamaku.py' ke
E:/System/apps/Python,sudah..??
Buka aplikasi Python

dan tekan options>>run script

pilih 'ScriptPertamaku.py'

jika anda berhasil maka akan terlihat teksHalo! Python Pada Symbian

Apa Anda berhasil..!! wah Anda emang seorang programer' Anda juga dpt menjalankan script yg sudah ada seperti ball.py, snake.py
Kalau gitu next dan buat scriptkedua.py
import appuifw
appuifw.note(u' Halo! Python Pada Symbian'wink

uji script kedua Anda, buka Python>>Run script dan pilih ScriptKedua.py jika berhasil maka ini yg akan
terlihat...

Anda memang programer handal.. emm.. sudah sampai disini dulu.. nanti kita lanjutkan lagi belajarnya.. kalau anda ingin coba script lagi.. silakan lihat script ini.


Script appuifw
Utk mengujinya,buka Python,Option>>interactive console ketik
import appuifw klik ok

Masukan script Utk menampilkan kesalahan:

appuifw.note
(u' Kesalahan.' ,'error'wink
klik ok

Utk menampilkan informasi:

appuifw.note
(u' Informasi.' ,'info'wink

Utk menampilkan konfirmasi:

appuifw.note(u' Sukses' ,'conf'wink

Utk menampilkan pertanyaan:

appuifw.query(' Apa anda mau keluar?' .decode (' utf-8?),' query'wink

Utk perintah masukan;

Nama:
appuifw.query(u"Masukan nama:","text",u"Cebri Nugraha"wink

Nomor:
appuifw.query(u"Masukan no.:","number"wink

Kode:
appuifw.query(u"masukan kode:","code"wink

Tanggal:
appuifw.query(u"Masukan tgl:","date"wink

Waktu/jam:
appuifw.query(u"Masukan waktu:","time"wink

Float:
appuifw.query(u"Masukan float:","float"wink

Query:
appuifw.query(u"Masukan query:","query"wink

Utk mengatur layar aplikasi;

Layar normal:
appuifw.app.screen= 'normal'

Layar besar:
appuifw.app.screen=' large'

Layar penuh:
appuifw.app.screen=' full'

appuifw.app.title=u"kesalahan"

Utk membuat menu pilihan:
appuifw.app.menu=[]
appuifw.popup_menu([u"Pilihan 1",u"Pilihan 2",u"Pilihan 3"])

Warna background aplikasi:
appuifw.app.body.color=0xff0000

6 komentar:

wah, thx infonya gan
Bermanfaat banget gan.
Jangan lupa komen backnya di http://adeputra-pkp.blogspot.com

Wah thx banget ilmu nya nih, kalau saran dari saya sebaiknya kodingannya di screenshot agar lebih terlihat menarik :)
Yuk mampir juga buat belajar Programming
Thx :)

bagus sekali...

o°tε∏gkìíソûú°oo°tε∏gkìíソûú°o

wah.. hebat gan.. mantap
jangan lupa komment back di http://syncrome16.blogspot.com/

wah kamu hebat............ programer handal wkwkwkw

Posting Komentar